Kain Kofo Yang Menjadi Primadona Asal Manado Sulawesi Utara

Berita Terkini

Dukung Ketahanan Pangan, Serka Sujarwo Bantu Panen Jagung Warga Desa Modangan

Blitar - Dalam upaya mendukung ketahanan pangan diwilayah binaannya, Serka Sujarwo Babinsa Koramil 0808/05 Nglegok, pagi ini melaksanakan ke...

Postingan Populer

Senin, 21 November 2022

Kain Kofo Yang Menjadi Primadona Asal Manado Sulawesi Utara

Cirebon, buserpolkrim.com - Kain tenun yang terbuat dari serat daun pisang ini merupakan kain tradisional asal Manado, ini menjadi primadona dikalangan pencinta kain tenun, kain tradisional tersebut dinamakan kain Kofo. Senin, (21/11/2022), Sumber, Cirebon.

Pisang dari jenis abaka ini yang sangat cocok untuk membuat kain Kofo, kerajinan tersebut banyak terdapat di daerah kepulauan di Sulawesi Utara tepatnya di Kota Manado, hal ini dikarenakan pisang jenis abaka tumbuh subur di tempat itu, selain daripada itu juga jenis pisang abaka memiliki kualitas cukup baik jika dijadikan kain tenun.

Dodo saat sedang bincang-bincang dengan teman seprofesinya kedatangan seseorang yang menjajakan kain Kofo dengan berbagai macam corak tenunannya.
Dodo mengatakan kepada awak media bahwa kain tenun Kofo ini sangat adem jika dipakai, ditambah coraknya pula sangat bagus, mengingat harga kain tenun tradisional tersebut sangat terjangkau sekitar Rp. 200.000,- / pics, harga tersebut tidak terlalu mahal jika dipasarkan di Wilayah Kabupaten Cirebon .

"Kalau pake kain Kofo, nanti kita disangkanya pejabat pemerintahan", ungkapnya sambil tersenyum kepada awak media.

"Kita harus turut melestarikan kain kofo ini pada generasi mendatang, dan ini salah satu bentuk kita cintai produk asli Indonesia," imbuhnya.
(Fitri)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun