Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), Pendekatan Merubah Perilaku Higiene

Berita Terkini

Dugaan Pemberhentian Aktifitas Pekerjaan Di Pertambangan di PT MSM Dan PT TTN, Beredar Chat WhatsApp Memicu Kontroversi. Bitung Sulawesi Utara

Bitung - Dugaan aktivitas pertambangan yang tidak sesuai dengan aturan di PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusa Kaya (T...

Postingan Populer

Kamis, 09 Maret 2023

Sosialisasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), Pendekatan Merubah Perilaku Higiene


Sragen, Dalam rangka menjalankan Program Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ), Sertu Mitro parjoko Babinsa Tegalrejo anggota Koramil 06 /Gondang Kodim 0725/Sragen melaksanakan komsos verifikasi Desa STMB ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ) Tingkat Kecamatan UPTD Puskesmas Gondang di Aula Ds. Tegalrejo Kec. Gondang Kab. Sragen, Kamis ( 09/03/2023 )

Menurut Sertu Mitro Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. 

Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikatoroutcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.
Salah satu 5 Pilar STBM yaitu Stop BAB sembarangan, yang mana masyarakat di ajak untuk tidak buang air besar sembarangan seperti disungai, dihutan atau pun disembarangan tempat yang bisa berakibat menjadi tempat perkembang biakan serangga atau binatang penular penyakit.

(Red)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun