Pasca Lebaran Wilayah di Kabupaten Bandung dilanda Peristiwa Bencana Alam

Berita Terkini

Presiden Jokowi Apresiasi TNI-Polri Atas Kebebasan Pilot Susi Air

Jakarta. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, dari sander...

Postingan Populer

Jumat, 28 April 2023

Pasca Lebaran Wilayah di Kabupaten Bandung dilanda Peristiwa Bencana Alam


 

Kab Bandung -- Terjadi beberapa peristiwa bencana alam di Kabupaten Bandung, di antaranya berawal dari kejadian angin puting beliung di Pasirjambu, Bojongsoang, Rancaekek, dan terjadi banjir di wilayah Majalaya, pada Rabu (26/4).

Rabu sekitar pukul 16.30 WIB, terjadi longsor di kolam pemancingan Baranang Fishing, Kampung Sanding Desa Sindangsari, Paseh.

Longsor terjadi pada tebing yang berada di dekat area kolam pemancingan Baranang Fishing, penyebabnya adalah hujan deras yang diawali pukul 14.00 WIB.

Menurut laporan BPBD Kabupaten Bandung, tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Paseh pukul 15.30 – 16.00,

Banjir yang terjadi di Majalaya, Ibun dan Paseh, salah satunya disebabkan oleh luapan Sungai Citarum dan anak Sungai Gandok Ciraab karena terjadi pendangkalan. Namun pada Kamis (27/4), banjir sudah surut, begitu juga di lokasi longsor sudah dilakukan penanganan dan evakuasi oleh tim gabungan dan masyarakat sekitar.

Bupati mengatakan, pihaknya sudah mengadakan dan memberikan himbauan kepada masyarakat pada Hari Kesiapsiagaan Bencana, mengedukasi manakala terjadi bencana.

Untuk penanganan pengerukan sedimentasi atau endapan lumpur pada aliran sungai yang mengalami pendangkalan, pihaknya segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Citarum. Pengerukan ini wajib dilakukan guna menanggulangi banjir yang ada di wilayah Kabupaten Bandung.

Peninjauan yang dilakukan bersama Kapolresta Bandung dan Dandim di lokasi kejadian longsor tidak menimbulkan korban jiwa, hanya kerugian materil serta terdapat Kendaraan yang tertimpa longsoran dan sudah dievakuasi dan diamankan oleh BPBD dan Brimob.

Meski begitu, Bupati Dadang tetap mengimbau masyarakat untuk tetap siaga dan terus melakukan edukasi kepada masyarakat guna meminimalisir korban bencana.


(A.Rahmat) 

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun