PMBK SD Se Kecamatan Dawuan Tahun 2023, Berjalan Sukses

Berita Terkini

Siswi Disabilitas Sekolah Polwan Bergelar Sarjana Psikologi IPK Cumlaude

Siswi disabilitas Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Lemdiklat Polri, Nur Fatia Azzahra, memiliki latar belakang akademik yang cem...

Postingan Populer

Senin, 03 April 2023

PMBK SD Se Kecamatan Dawuan Tahun 2023, Berjalan Sukses


Majalengka, FD / buserpolkrim.com -
Kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreatifitas tingkat Sekolah Dasar (PMBK SD) se Kecamatan Dawuan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tahun 2023, terpusat di SDN Baturuyuk 2. Kegiatan digelar selama 6 hari, dimulai pada Senin hingga Sabtu, (6 -11 /3/2023) pekan lalu. 

Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia serta mencerdaskan anak bangsa Indonesia, agar mampu bersaing di era globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan dewasa ini, maka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka memandang perlu untuk menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh siswa jenjang sekolah dasar, salah satunya dengan upaya menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Minat, Bakat dan Kreatifitas (PMBK). 

PMBK sendiri menjadi ajang kompetisi dari berbagai jenis lomba, seperti halnya Kompetisi Sains Nasional (KSN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Sekolah Dasar (KOSN-SD) dan pekan keterampilan seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI). Kegiatan-kegiatan tersebut, merupakan tindak lanjut serupa di tingkat gugus kecamatan.
Acara resmi di buka oleh Camat Dawuan, Uju Gustawan SE didampingi Sekcam Dawuan, Arif Nurhadi Manggala, S.IP dan di hadiri Ketua K3S Kecamatan Dawuan Dedi Sunardi, S.Pd.SD, Pengawas, Ketua PGRI Cabang Kecamatan Dawuan, Anggota Koramil Dawuan, Anggota Polsek Dawuan Polres Majalengka Polda Jawa Barat, Para Kepala Sekolah dan Para Guru se Kecamatan Dawuan. 

Camat Dawuan, Uju Gustawan SE, dalam sambutannya menyampaikan. Untuk tim penilaian harus benar benar netral, dan jujur. karena setelah ini, para siswa yang terpilih di kegiatan ini akan kembali mengikuti kegiatan serupa ke level yang lebih berat lagi untuk bersaing meraih juara dengan peserta lainnya dari 25 kecamatan di tingkat Kabupaten. Bahkan diharapkan, bisa terus melaju pada tingkat provinsi hingga nasional. Sehingga mampu mengharumkan nama sekolah, Kecamatan Dawuan dan Kabupaten Majalengka kedepannya. 

“Untuk itu, kepada anak-anak ku semua yang ikut PMBK agar mampu tumbuh kembangkan semangat juang kalian. Mudah-mudahan, kalian bisa terus berprestasi ketingkat yang lebih tinggi lagi mewakili Kecamatan Dawuan di tingkat Kabupaten Majalengka dan berlanjut hingga tingkat provinsi dan nasional guna mengharumkan nama sekolah, daerah serta orang tua kalian. Selamat berjuang dan berkarya,” tandasnya diakhir sambutan. 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia kegiatan PMBK Syarif Muhayidin, S.Ag, MM, menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan PMBK, sangat penting bagi para siswa dan para siswi untuk menguji kemampuan siswa dalam sebuah Kompetisi. 

“Mari kita ciptakan terwujudnya masyarakat Majalengka yang cerdas, kompetitif berbasis agamis dengan menguji kemampuan para siswa dalam sebuah kompetisi melalui PMBK. Kegiatan Ini sangatlah penting guna memperluas akses layanan pendidikan dasar yang berkualitas berdasarkan standar pendidikan nasional,” ungkapnya. 
Ditambahkannya, penerapan pelayanan prima di bidang pendidikan melalui pelaksanaan dengan memaksimalkan peran serta masyarakat dalam membangun pendidikan yang professional, cerdas, handal dan berakhlak mulia. 

“Melalui kegiatan PMBK ini para siswa/i yang berprestasi, semoga dapat mempertahankan apa yang diraih. Sementara bagi para siswa yang belum, jangan patah semangat dan berkecil hati. Terus berjuang dan rajin-rajinlah belajar sehingga diajang serupa selanjutnya bisa meraih apa yang diharapkan,” pungkasnya.
Yang menjadi dasar kegiatan :
* Undang undang no 20 tahun 2003, Tentang Pendidikan Nasional.
* Peraturan Pemerintah no 13 tahun 2015 Perubahan ke dua tentang Standar Pendidikan Nasional.
* Petunjuk Teknik Pelaksana PMBK siswa SD tahun 2023 Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.
* Hasil rapat musyararah Kepala Sekolah Dasar se Kecamatan Dawuan tanggal 16 Pebruari 2023.
Tujuan kegiatan PMBK diantaranya adalah ;
* Sebagai wadah untuk Kreasi dengan menampilkan karya karya Kreatif dan inovatif bagi siswa Sekolah Dasar dengan mengedepankan jiwa sportifitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu Pendidikan.
* Mengembangkan bakat  kreatifitas dan  minat siswa baik bidang seni maupun bidang olah raga  jenjang sekolah dasar.
* Mengembangkan jiwa sportifitas, kompetitif bisa percaya diri, berbudi pekerti dan berkarakter yang mulia serta bertanggung jawab.
* Menumbuh kembangkan Nasionalisme dan Cinta Tanah Air.
Acara PMBK SD yang di ikuti oleh 20 SD/ MI se Kecamatan Dawuan berlangsung selama 6 hari tersebut berlangsung lancar dan sukses, waktu pelaksanaannya dimulai pada Senin hingga Sabtu (06 – 11/3/ 2023).  Dan yang menjadi juara Umum di PMBK SD se Kecamatan Dawuan diraih oleh SDN Mandapa.

 (Ujang AR) 

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun