Diduga Tuti Wiastuti, S.Pd, Kepala Desa Purbawinangun Alergi Terhadap Wartawan

Berita Terkini

Agus Flores Selalu Doakan Kapolri Melalui Syalawat Banyak Jamaah 

  JAKARTA, Sampai Sekarang Tokoh Satu Ini, Publik dan Warganet Bingung Siapa Sosok yang bernama Agus Flores atau Daeng Agus ini, selalu saja...

Postingan Populer

Sabtu, 20 Mei 2023

Diduga Tuti Wiastuti, S.Pd, Kepala Desa Purbawinangun Alergi Terhadap Wartawan

Cirebon- Kepala Desa (Kades) Tuti Wiastuti, S.Pd, Desa Purbawinangun Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon diduga alergi terhadap wartawan, pasalnya selalu terkesan menghindar ketika kontrol sosial hendak mengkonfirmasi ataupun  silaturahmi terkait perkembangan desa baru-baru Ini. Jumat (19/5/23). 

Dijaman keterbukaan informasi seperti saat ini sosok pejabat tentu sudah tidak asing lagi dengan media yang mana segala bentuk kegiatan selalu diberitakan ataupun diinformasikan kepada warganya, karena media itu sendiri mitra dari pemerintah,  selain itu, media atau pers berfungsi sebagai kontrol sosial yang dilindungi oleh Undang-undang saat menjalankan tugas jurnalistiknya.

Dalam informasi publik ini merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik diantaranya adalah Kepala Desa. Keterbukaan Informasi Publik tertera pada UU No. 14 Tahun 2008.

Disisi lain berdasarkan UU No. 6 tahun 2014 Pasal 26, Kepala Desa adalah bertugas menyelenggarakan pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa, akan tetapi ko ada salah satu kepala desa saat untuk dikonfirmasi awak media saja sulit sekali.

Bahkan saat dikonfirmasi kepada salah satu perangkat mengatakan Kepada desa tidak ada, begitu kami cek kedalam, ternyata kepala desa berada disalah satu ruangan dengan beberapa orang dan mengatakan "maaf mas kami bentar lagi mau ada rapat", ungkap kepala desa. Lalu kenapa tadi perangkat desa bilang tidak ada di desa", jawab kami.

Nggak mudah bertemu dengan kepala Desa tersebut, bahkan ini yang kesekian kalinya, beberapa wartawan pun sempat mengeluh kepada saya, diantaranya adalah Cephy salah satu awak media pun mengatakan dirinya sangat sulit bertemu dengan kepala desa tersebut, bahkan dirinya telah mengisi buku tamu hingga beberapa kalinya, selain daripada itu dalam buku tamunya pun tertulis nomor Hp yang bisa di hubungi, akan tetapi hingga saat ini masih belum merespon.

Pada kepemimpinan Kades Purbawinangun sekarang ini, terkesan selalu menghindar dan tidak mau dikonfirmasi terkait perkembangan program-program Desa.

Begitupun saat awak media ini hendak melakukan konfirmasi ke Kantor Desa Purbawinangun Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon terkait program atau anggaran yang digelontorkan pemerintah kabupaten maupun provinsi.

Tentu saja hal tersebut membuat awak media bertanya-tanya ada apa dengan Kades tersebut, sampai-sampai sangat enggan ketika dikonfirmasi terkait pembangunan desa. Hingga berita ini ditayangkan Kepala Desa masih belum dapat dikonfirmasi lebih lanjut.     

(FIRNAS/RAHMAT)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun