Ribuan Calon Jemaah Haji Majalengka Diberangkatkan dari BIJB Kertajati Ke Tanah Suci

Berita Terkini

Agus Flores Selalu Doakan Kapolri Melalui Syalawat Banyak Jamaah 

  JAKARTA, Sampai Sekarang Tokoh Satu Ini, Publik dan Warganet Bingung Siapa Sosok yang bernama Agus Flores atau Daeng Agus ini, selalu saja...

Postingan Populer

Sabtu, 20 Mei 2023

Ribuan Calon Jemaah Haji Majalengka Diberangkatkan dari BIJB Kertajati Ke Tanah Suci

MAJALENGKA, FD-buserpolkrim.com
Sebanyak 1.173 orang Calon jemaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Majalengka yang akan menunaikan rukun Islam ke-5 di tahun 2023 ini, akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 27 Mei mendatang melalui tiga kelompok penerbangan (Kloter). 

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab ) Majalengka bersama Kementerian Agama menggelar bimbingan manasik calon jamaah haji reguler 1444 H / 2023 M tingkat Kabupaten Majalengka, bertempat di lapang tenis Setda Majalengka, Kamis (18/5/2023). 

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Dr. H. Agus Sutisna, menjelaskan dalam kegiatan ini calon jamaah haji diberikan beragam informasi seputar haji. Termasuk informasi dan pengarahan terkait administrasi dan persiapan logistik yang diperlukan sebelum berangkat ke Tanah Suci. 
“Sebelumnya pelaksanaaan manasik haji, telah dilaksanakan oleh KBIH di 26 Kecamatan yang ada di Kabupaten Majalengka,” ungkapnya. 

Masih kata Agus, mengenai data resmi calon jamaah haji reguler Kabupaten Majalengka tercatat ada 1.103 orang dan lansia 70 orang. Dengan demikian, jumlah keseluruhan calon jamaah haji sebanyak 1.173 orang. 

Agus menjelaskan, bahwa tahun ini untuk haji Kabupaten Majalengka terbagi dalam 3 keloter yaitu Keloter 1 berangkat 27 Mei 2023, keloter 10 berangkat 07 Juni 2023, keloter 17 berangkat 13 Juni 2023 dan keloter 22 yang bergabung dengan kabupaten lain berangkat 27 juni 2023. 

Sementara itu di tempat yang sama, Bupati Majalengka Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd, dalam sambutanya meminta agar para calon haji menjaga kesehatan lahir dan batin. Serta memahami dan mematuhi regulasi aturan haji yang diberlakukan pemerintah sebagai tindak lanjut dari Kerajaan Arab Saudi. 

“Saya berharap agar para calon jemaah haji juga dapat memahami secara utuh mengenai rukun, sunah, larangan haji dan umroh. Agar mendapatkan predikat haji yang mabrur,” harapnya. 

Bupati juga mengatakan bahwa Pemkab Majalengka sudah memfasilitasi untuk para jemaah haji pada tahun 2023 ini dari APBD Kabupaten diantaranya seragam batik, makan saat pemberangkatan dan transfortasi. Pemkab Majalengka juga mefasilitasi TPHD sebagai pembantu jemaah saat pelaksanaan ibadah haji di mekah. 

“Fasilitasi ini sebagai wujud peran Pemkab Majalengka , supaya tidak banyak beban kepada para jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci, karena mereka berniat ibadah,” pungkas Bupati. 
Seperti diketahui, kegiatan bimbingan manasik calon jamaah haji reguler 1444 H / 2023 M tingkat Kabupaten Majalengka tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Majalengka, Sekda Majalengka, Kepala Kemenag Majalengka, Forkopimda, Ketua FKUB, Ketua MUI, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Kesra dan tamu undangan lainnya.  

(Kom/Uj-Adi.M)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun