Sekolah TK Budi Asih Harapkan Bantuan RKB

Berita Terkini

Agus Flores Selalu Doakan Kapolri Melalui Syalawat Banyak Jamaah 

  JAKARTA, Sampai Sekarang Tokoh Satu Ini, Publik dan Warganet Bingung Siapa Sosok yang bernama Agus Flores atau Daeng Agus ini, selalu saja...

Postingan Populer

Sabtu, 29 Juli 2023

Sekolah TK Budi Asih Harapkan Bantuan RKB


MAJALENGKA, Fokus Dialog – Buser Polkrim.com

Keberadaan TK Budi Asih hingga saat ini diketahui masih memprihatinkan. Padahal kehadiran sekolah TK ini sangat dibutuhkan sekali oleh warga desa Bongas Wetan, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

TK Budi Asih sebagai awal pembelajaran berbagai ilmu pengetahuan bagi anak usia dini, sebelum masuk pendidikan di sekolah tingkat dasar (SD).

Sementara itu, sekolah TK ini dibangun pada tahun 2005 dan letaknya berdampingan dengan Kantor Desa Bongas Wetan. Dimana dalam perjalanannya, bangunannya pernah direhab pada tahun 2016 atau setelah didirikan 11 tahun silam. Pada rehab tersebut menelan biaya Rp.30 juta, sumber dananya dari swadaya pemerintah desa Bongas Wetan.


Sadiah, S.Pd selaku Kepala sekolah TK sekaligus pengelola yang mulai definitive pada tahun 1993 ini, menyampaikan bahwa sebenarnya kalau untuk kegiatan pembelajaran, ruang yang dimiliki saat ini sudah cukup menampung siswa yang ada. Hal ini diungkapkan Sadiah, S.Pd saat ditemui awak media ini diruang kerjanya, Senin (24/7/2023).

“Namun meski cukup menampung siswa yang ada, kondisinya masih kurang nyaman,” ungkapnya.

Dimana saat ini, kata Sadiah, TK Budi Asih tercatat memiliki 65 siswa, 1 guru PNS dan 4 guru honorer. Sedangkan, ruang untuk menyimpan alat-alat peraga belajar siswa belum dimiliki. Sementara ruang yang ada saat ini, hanya cukup untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) saja. Sementara itu, tiap tahun ajaran baru jumlah siswa TK Budi Asih selalu mengalmi peningkatan.

"Dengan terbatasnya ruang ini, dirasakan kurang nyaman bagi guru maupun siswa dalam proses KBM kedepan," terangnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan belajar mengajar untuk anak di usia TK haruslah memberikan kenyamanan tersendiri. Dan diketahui bahwa di sekolah TK, prosesnya bermain sambil belajar. 

“Untuk itu, haruslah tercipta suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak TK,” jelasnya.

Dalam hal ini, Sadiah S.Pd, sangat berharap adanya bantuan dari pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka.

“Mengingat TK Budi Asih belum memiliki ruang gudang, untuk menyimpan alat-alat peraga belajar siswa,” harapnya.

Ia menambahkan, Kuwu Bongas Wetan pun merasa peduli terhadap dunia pendidikan salah satunya kepada Taman Kanak-kanak (TK) Budi Asih yang keberadaannya persis disamping Kantor desa ini, kondisinya kurang memungkinkan dari segi keamanan dan kenyamanannya.

“Oleh karena itu, Kuwu Bongas rela merogoh kocek pribadi  untuk membantu TK Budi Asih agar terlihat resik, nyaman dan aman sehingga anak-anak lebih giat bermain sambil belajar. Begitu juga bagi para guru pun merasa lebih nyaman, dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar,” kata Sadiah, S.Pd.

“Saya atas nama pribadi dan sekolah TK Budi Asih serta para guru juga murid, sangat berterimakasih kepada Kuwu Bongas Wetan yang telah mengulurkan tangannya atas terciptanya keamanan dan kenyamanan di sekolah ini,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat terpisah Kuwu Bongas Wetan, Mamat Saripudin, mengatakan TK Budi Asih memang harus ada ruangan baru seiring bertambahnya siswa di tiap tahun. Dan tentunya, alat pendukung belajarpun harus ditambah.

“Demi kenyamanan proses kegiatan belajar mengajar, ruangannya juga harus ditambah,” ujarnya.

Ketika ditanya terkait bantuan yang diberikan kepada TK Budi Asih, Mamat Saripudin menyampaikan, bantuan yang diberikan itu tidaklah seberapa dibandingkan dengan manfaat dari keberadaan TK tersebut terhadap masyarakat desa Bongas Wetan, khususnya anak-anak usia dini sebelum masuk sekolah dasar.

“Keberadaan TK Budi Asih ini penting dan sangat bermanfaat sekali, khususnya anak usia dini untuk memperoleh berbagai ilmu pengetahuan sebelum masuk sekolah dasar. Jadi harus kita dukung sehingga sekolah TK ini, lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya.

(Uj/Ws) 

Editor: Adi Mukti

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun