Wakil Bupati Hadiri Pembukaan “Ruat Jagat Sila Saamparan” Festival Culture Batu Hiu

Berita Terkini

Agus Flores Selalu Doakan Kapolri Melalui Syalawat Banyak Jamaah 

  JAKARTA, Sampai Sekarang Tokoh Satu Ini, Publik dan Warganet Bingung Siapa Sosok yang bernama Agus Flores atau Daeng Agus ini, selalu saja...

Postingan Populer

Sabtu, 29 Juli 2023

Wakil Bupati Hadiri Pembukaan “Ruat Jagat Sila Saamparan” Festival Culture Batu Hiu


PANGANDARAN, fokusdialog – buserpolkrim.com

Sukuran tahunan Ruat Jagat Sila Saamparan, merupakan budaya daerah yang digelar tiap tahun  di Destinasi  Wisata Pantai Batu Hiu desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran yang akan di selenggarakan selama 3 hari, jumat (29/7/2023).

Kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang di Ketuai, Jajat Sudrajat,  mengatakan bahwa sukuran budaya, Ruat Jagat Sila Saamparan akan di selenggarakan selama 3 hari.

“Dan ada beberapa acara inti  diantaranya  Kirab  Budaya,  Pengucuran Air Kahuripan dari 10 kecamatan, makanan Tumpeng, Pagelaran Calung,  Penampilan Seni Debus Jawa Barat, Ronggeng Amen dan Festival Layang – Layang,” ungkap Jajat saat di wawancarai awak media fokus dialog/buserpolkrim.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Ujang Endin, Dandim 0625/PND Letkol Arm. Yusuf Andrianto, S.E, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan jajaran pengurus dan anggota Pokdarwis.


Dalam prosesi Ruat Jagat Sila Saamparan ini, di mulai dengan iring-iringan tumpeng dan berbagai makanan serta hasil bumi yang di tandu menuju panggung utama di pesisir pantai.

Kemudian di lanjutkan dengan memanjatkan doa bersama, atas nikmat dan karunia sang maha pencipta dan di tutup dengan makan tumpeng bersama.

Jajat menambahkan, Ruat Jagat Saamparan memiliki arti dan makna mendalam bagi kehidupan dan keberlangsungan alam.

“Ruat Jagat, artinya memelihara alam bersama-sama. Sila saamparan, artinya duduk diatas tikar bersama dengan tidak membedakan setatus sosial,”  tandasnya. (Iyut. K)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun