Camat Dadang Rukmana, S.STP, M.Si selaku Mabiran Resmi Tutup Jamran Ke-62 Kecamatan Kasokandel 2023

Berita Terkini

Polresta Cirebon Resmikan Pondok Mengaji Presisi bersama Bank BJB Sumber

Polresta Cirebon meresmikan Pondok Mengaji Presisi bersama Bank BJB Sumber, Jumat (20/9/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan di...

Postingan Populer

Minggu, 20 Agustus 2023

Camat Dadang Rukmana, S.STP, M.Si selaku Mabiran Resmi Tutup Jamran Ke-62 Kecamatan Kasokandel 2023


Majalengka, FD - buserpolkrim.com

Sebelumnya, acara pembukaan Jambore Ranting (Jamran) dan HUT Kwartir Ranting (Kwaran) ke 62 Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tahun 2023 tersebut dilakukan oleh Ketua Forum K3S Kecamatan Kasokandel Husen Sugandi, S.Pd, pada Jum'at (12/8/2023) yang lalu.

Sementara  pada acara penutupan dilakukan langsung oleh Camat Kasokandel, Dadang Rukmana, S.STP, M.Si selaku Mabiran sekaligus Pembina upacara, bertempat di lapangan olah raga desa Ranji Wetan Kecamatan Kasokandel, disertai dengan pelepasan tanda peserta secara simbolis dan sekaligus pemberian hadiah tropy sebagai tanda pengghargaan untuk para peserta pramuka tingkat Sekolah dasar/MI, SMP yang telah mengikuti kompetisi perlombaaan Baris Berbaris, Pengetahuan Pramuka, Lomba Penjelajahan dan Lomba Pionering tingkat SD/MI dan SMP, Senin (14/8/2023) pekan kemarin. 


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolsek bersama Danramil Kasokandel, Pengawas, Ketua Forum K3S Husen Sugandi, S.Pd, Ketua PGRI H. Udir Sudirja, S.Pd, Ketua Kwaran Yayan Suryana, S.Pd.I, Ketua Panitia Pelaksana Jamran Ino Sutisna, S.Pd, para Kepala sekolah beserta jajaran guru, para peserta pramuka tingkat SD/MI dan SMP dan juga undangan yang lainnya.

Dadang Rukmana, S.STP, M.Si selaku Mabiran sekaligus Pembina Upacara dalam sambutannya menyampaikan, dengan peringatan hari Pramuka ke 62 mari kita wujudkan SDM yang profesional dan berwawasan kebangsaan. Tema ini, lanjutnya, menunjukan semangat gerakan pramuka untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang lebih profesional. Mencermati sumberdaya manusia kita yang ada sekarang ini, masih jauh dengan yang kita harapkan.

Disamping itu, kata Mabiran, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara. Terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik, kiranya persatuan dan kesatuan gerakan pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

Berkaitan dengan hal tersebut, tutur Mabiran, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas gugus depan pramuka dimanapun berada.

“Saya berharap bahwa Kwartir di semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas gugus depan yang berada di wilayah masing masing,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Mabiran mengucapkan selamat dan sukses sampai bertemu di Jamran tahun mendatang . Selamat sampai tujuan bertemu dengan keluarga, selamat beraktifitas belajar seperti biasanya.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak anaknya untuk di didik dalam gerakan pramuka, serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan gerakan pramuka yang kita cintai bersama. Tetap semangat melaksanakan latihan pramuka, dalam rangka meningkatkan karakter,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua panitia pelaksana Jamran Kwaran Kecamatan Kasokandel Ino Sutisna, S.Pd, menyampaikan bahwa jumlah peserta pramuka ada 31 pangkalan, diantaranya SD 22 pangkalan, MI dan MTs 9 pangkalan masing masing tiap pangkalan 30 orang, jumlah semua peserta 930 orang.


Sementara itu, Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Kasokandel Yayan Suryana, S.Pd.i ketika di temui awak media ini menyampaikan, bahwa kegiatan pelaksanaan Jambore Ranting Kwaran Kecamatan Kasokandel dilaksanakan di lapangan olah raga Desa Ranji Wetan.

“Pelaksanaan kegiatan selama tiga hari dua malam, dengan berbagai macam kegiatan. Dan disitu kami selalu memberikan arahan dan bimbingan kepada para peserta Jamran, agar bisa menjaga kesehatan terutama pola makan sehat,” terangnya.

Menurutnya, meski kondisi cuaca saat jamran berlangsung cukup ekstrim. Dimana siang hari matahari sangat terik dan menyengat, serta sesekali terpaan angin cukup kencang dan pada malam hari udara sangat dingin.

“Namun kami pun tetap semangat dan berusaha menyesuaikan diri, dengan kondisi alam terbuka di lapangan olah raga desa Ranji Wetan ini,” ungkapnya.

“Dengan adanya kegiatan pramuka yang rutin di laksanakan setiap tahun ini, kami berharap untuk tahun depan lebih meriah lagi,” pungkasnya.


Berikut foto dibawah ini Kegiatan Pramuka Kwaran Kecamatan Kasokandel, Majalengka dalam Jamran ke 62 tahun 2023. 


(Uj/Yg)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun