Desa Harummandala Kecamatan Cigugur Pioritaskan Kepentingan Warga Bangun Infrastuktur Jalan

Berita Terkini

Siswi Disabilitas Sekolah Polwan Bergelar Sarjana Psikologi IPK Cumlaude

Siswi disabilitas Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Lemdiklat Polri, Nur Fatia Azzahra, memiliki latar belakang akademik yang cem...

Postingan Populer

Sabtu, 02 September 2023

Desa Harummandala Kecamatan Cigugur Pioritaskan Kepentingan Warga Bangun Infrastuktur Jalan


Pangandaran, FD- buserpolkrim.com

Desa Harumandala sebuah kantor desa yang ada dipelosok jauh dari perkotan. Meski berada di daerah dataran tinggi, namun untuk menuju desa Harumandala sangat menyenangkan. Karena, sepanjang perjalanan kita disuguhi pesona alam pegunungan yang asri sehingga membuat kita berdecak kagum dengan indahnya alam pegunungan diwilayah tersebut.

Jarak tempuh kurang lebih satu setengah jam perjalanan, bila mengendarai kendaran bermotor dari kabupaten menuju desa Harumandala. Jalan yang berliku-liku, naik turun menjadi sebuah tantangan sekaligus mengasah kemampuan bagi pengguna kendaran agar terbiasa melewati tanjakan, tikungan tajam dan turunan curam. Meski begitu, bagi pengguna kendaraan pemula (latihan mengemudi) tidak dianjurkan melewati jalan ini.

Desa Harumandala sendiri merupakan perbatasan antara Kecamatan Cigugur Dan Kecamatan Langkaplancar.

Dan sampai saat ini Desa Harumandala masih focus, terhadap jalan yang belum terealisasi atau kurang layak. Begitu juga dengan Gedung kantor desa yang belum terselesaikan untuk perbaikan.

Adanya bantuan provinsi (Banprov) yang telah diterima tahun 2023 ini, akan dialokasikan untuk melanjutkan pembangunan/perbaikan Gedung kantor desa dengan jumlah anggaran Rp.80 juta.

Kepala desa (Kades) Harumandala, Jamaludin dalam kesempatannya ketika ditemui awak media ini dikantornya menyampaikan, bahwa desa atau warga Harumandala sampai saat masih membutuhkan fasilitas umum terutama jalan - jalan dusun perlu ada perbaikan.


Karena menurut Jamaludin, sekitar 7 kilo meter jalan masih belum layak dan masih berupa tanah merah.

“Jadi menurut saya, infrastuktur jalan sangat penting. Selain bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, juga bisa mendongkrak ekonomi warga,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Jamaludin, pembangunan kantor desa yang belum selesai akan dilanjukan pembangunannya dengan terealisasinya Banprov tahun ini.

“Kantor desa sangat penting dan merupakan sarana prasarana, untuk pelayanan masyarakat kami. Harapan kedepan, sisa 3 tahun saya sebagai Kepala desa bisa terselesaikan pembangunan infrastuktur," pungkasnya. 

(Iyut . K)

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun