Dialog Majalengka, MTsN 6 Majalengka merealisasikan penyembelihan 4 ekor hewan Qur'ban pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2024

Berita Terkini

Siswi Disabilitas Sekolah Polwan Bergelar Sarjana Psikologi IPK Cumlaude

Siswi disabilitas Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Lemdiklat Polri, Nur Fatia Azzahra, memiliki latar belakang akademik yang cem...

Postingan Populer

Kamis, 20 Juni 2024

Dialog Majalengka, MTsN 6 Majalengka merealisasikan penyembelihan 4 ekor hewan Qur'ban pada hari Rabu tanggal 19 Juni 2024

Acara penyembelihan hewan Qur'ban di hadiri oleh Kepala MTsN 6 Majalengka, Ketua Komite sekolah H.Elon Zaelani guru guru dan para siswa siswi MTsN 6 Majalengka.

Kepala MTsN 6 Majalengka, Muhamad Darda.S.Ag, M.Pd Mengucapkan terimakasih kepada Siswa dan siswi dan juga kepada Bapak Drs, Ahmad Saeful Azhari dan kepada bapak Ardi mertuanya pak Aman yang telah memberikan hewan Qurban kepada MTsN 6 Majalengka, sedangkan hewan dari siswa siswi hanya dua ekor  Melengkapi perayaan hari raya Idul Adha 1445 H / 2024 dua ekor Kambing kurban di sediakan oleh MTsN 6 Majalengka / Desa Karangsambung 

 Keduanya hasil iuran seluruh guru madrasah dan siswa sebagai wujud praktek ibadah. 

Muhamad Darda, S.Ag, M.Pd, selaku kepala madrasah berharap tradisi baik ini terus di lanjutkan di tahun berikutnya sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian membantu sesama, pinta beliau.

Tujuan kegiatan Qur'ban di sekolah selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, juga sebagai pelatihan bagi para siswa siswi tentang penyembelihan hewan Qur'ban, Karna pada saat kelak mereka akan terjun ke masyarakat 

Sedangkan bagi sekolah manfaatnya adalah lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan.

' Pemotongan hewan Kurban telah dilaksanakan pada hari Rabu (19/6/ 2024 )  seluruh guru dan siswa bergotong royong  bersama sama, semua siswa mendapat bagian dan sekolah menyajikannya sudah Mateng di makan bersama. 

MTsN 6 Majalengka mengadakan penyembelihan hewan Qur'ban di sekolah dengan tujuan untuk pembelajaran praktek praktek dari mulai awal sampai penyembelihan, cara pemotongan dan cara memisahkan antara daging dan tulang.

Tahu cara caranya dan bisa membagi bagi yang sedikit bisa kebagian semua apalagi Qur'bannya banyak.

Semua siswa siswi memperhatikan bagaimana cara melepaskan kulit hewan yang telah dipotong.

Belajar juga cara memotong dan memisahkan antara tulang dan daging kambing.

Manfaat berkurban diantaranya Memupuk rasa empati, hikmah di balik berkurban adalah melatih kita untuk memiliki sikap kepedulian sosial. Kita yang selama ini memiliki kelebihan harta maka sudah seharusnya menyisihkan sebagian untuk di qur'bankan dalam wujud binatang ternak untuk kemudian dagingnya akan di konsumsi oleh banyak orang yang membutuhkan.

 Melatih diri untuk menjadi dermawan, seseorang yang menjadi pribadi yang dermawan perlu dilatih hingga menjadi kebiasaan. Menjadi dermawan dalam kebaikan sangat baik dan banyak manfaatnya. Untuk bisa menjadi dermawan perlu di latih terus-menerus dan tidak hanya sekali dua kali saja melainkan terus dilakukan hingga menjadi kebiasaan. 

Jika kita sudah sering bersedekah harta mungkin bisa di tingkatkan dengan berqurban di waktu hari raya idul adha.

 Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah,Berqurban adalah salah satu perintah Allah yang jelas di cantumkan di Al-qur’an. Manfaat lainya, bekal pahala di hari akhir, tentu saja ibadah qurban akan menjadi amal baik yang akan di catat oleh malaikat. 

Ibadah qurban yang semata-mata ikhlas dilakukan sebagai bagian dari pengabdian kepada Allah akan mendapatkan pahala yang setimpal. Pahala inilah yang nantinya akan menyelamatkan kita di hari akhir kelak.

 Membangun sikap solidaritas, Saat berqurban, sebaiknya juga membaur dengan orang lain dalam proses penerimaan, penyembelihan, dan membagikan hewan kurban. Ada hikmah lain yang bisa didapat dalam kegiatan kurban ini. Saat kegiatan qurban akan membuat kita saling bekerjasama dalam melakukan ibadah ini.

 setiap apa yang kita lakukan akan menjadi amalan baik. Oleh karena itu akan membuat kita, lebih bisa bersosialisasi dan berhubungan baik dengan orang lain. Rezeki kita menjadi berkah, saat kita berkurban menjadi salah satu upaya untuk menjadikan apa yang selama ini kita kumpulkan, harta benda yang kita miliki menjadi berkah dengan menggunakannya untuk ibadah. 

Bahkan manfaat qurban, akan membahagiakan orang lain dalam jalan keislaman. Menjauhkan diri dari sikap tamak, Berkurban membutuhkan banyak syarat yang harus dipenuhi, mulai dari orang tersebut harus mampu, hingga mau melakukannya adalah hal yang tidak mudah. Sebagian dari kita mungkin ada yang mampu namun tidak mau. Oleh karena itu ketika kita mau untuk berkurban, itu sudah membuktikan kita tidak terlalu tergila-gila dengan harta dan susah untuk mengeluarkannya.

MTsN 6 Majalengka setiap tahun rutin melaksanakan penyembelihan hewan Qur'ban.

Kepala MTsN 6 Majalengka mengucapkan ucapan selamat ulang tahun kepada bapak Asep Rahmat.

( Ujang AR_ Dialog )

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun