Giat Clean Up Curug Kedung Bunder RW 06 P.Grenjeng Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon

Berita Terkini

Kodim 0808/Blitar, Gelar Makan Gratis Dalam Peringatan HUT TNI ke-79

Blitar - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-79, Kodim 0808/Blitar menggelar acara makan gratis yang diselenggarakan di ...

Postingan Populer

Minggu, 09 Juni 2024

Giat Clean Up Curug Kedung Bunder RW 06 P.Grenjeng Kelurahan Harjamukti Kota Cirebon

Industri pariwisata berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah, salah satunya di kota Cirebon Propinsi Jawa Barat yang memiliki potensi wisata alam tersembunyi berupa air terjun ( Curug) Kedung Bunder. Curug yg terletak di Sungai/Kali Suba tersebut merupakan satu satunya Curug yang ada di kota Cirebon, belum banyak dikenal orang karena akses jalan yang belum memadai untuk mencapai lokasi. 
Terkait dengan keberadaan Curug Kedung Bunder diatas, Karang Taruna setempat bersama lebih dari 20 kelompok dan komunitas, diantaranya komunitas peduli lingkungan, Karang Taruna se kota Cirebon, Forum Sedulur SBH, BPBD, Instansi pemerintah, Dinas terkait, DPRD kota Cirebon dan segenap lapisan masyarakat turut berpartisipasi pada kegiatan tersebut, membersihkan sisa sampah kiriman dari hulu sungai/Kali Suba yg menyangkut di bebatuan. Kegiatan dilaksanakan hari Minggu ( 9/6/ 2024) mulai pukul 8.00 WIB sampai dengan selesai.

Lebih dari 250 personil hadir di lokasi, nampak diantaranya Ruri Tri Lesmana (Ketua DPRD kota Cirebon), Yana (BKM Kelurahan Harjamukti), Nurkafi (Ketua RW 06 P.Grenjeng), dan Farhan (ketua Karang Taruna ).

Ruri Tri Lesmana mengatakan bahwa supaya bisa terealisasi menjadi destinasi wisata, bermanfaat bagi masyarakat dan pelaku UMKM diharapkan pejabat terkait tidak hanya melakukan pertemuan seremonial saja, tetapi perlu tindakan nyata, upaya DPRD kota Cirebon akan membahas anggaran dengan Badan Anggaran (Badan Anggaran ), mengusulkan DED (Detail Engineering Design) kepada Walikota untuk ditindak lanjuti. Selain itu juga diharapkan pihak swasta dan seluruh stake holder turut berpartisipasi dan berkontribusi mengembangkan tempat tersebut.

Senada dengan pernyataan Ruri, Ketua RW 06 P.Grenjeng turut menyampaikan bahwa kegiatan Clean Up Curug Kedung Bunder diharapkan bisa dikenal minimalnya oleh warga Cirebon dan mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah setempat untuk dijadikan potensi wisata alam selain itu area tersebut bisa dibuat bumi perkemahan sebagai sarana edukasi sekolah.
Selanjutnya Farhan selaku ketua Karang Taruna sekaligus penggagas kegiatan tersebut mengatakan maksud dan tujuan adanya kegiatan Clean Up Curug Kedung Bunder adalah menindak lanjuti video yang sudah viral, Curug yang indah dipandang mata menyimpan sebagian sampah kiriman dari hulu sungai, diharapkan dengan Clean Up , Curug Kedung Bunder dapat kembali indah dipandang mata.
" Harapan saya tempat ini dalam waktu dekat bisa dibangun tempat wisata yang dapat memberikan banyak manfaat untuk semua pihak" ujarnya kembali.
(Denny Krisnara).

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun