Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM Memberikan Kuliah Umum Didepan Ratusan Akademi UI

Berita Terkini

Pastikan Senpi Dalam Kondisi Prima, Lapas Pasir Pengaraian Lakukan Pembersihan dan Perawatan Rutin

Rokan Hulu -BUSER POLKRIM- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pengaraian melakukan Pemeliharaan dan Perawatan berka...

Postingan Populer

Kamis, 20 Juni 2024

Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM Memberikan Kuliah Umum Didepan Ratusan Akademi UI

Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (UI) di Kampus Depok, Jawa Barat. (Rabu 19/06/2024)

Wali Kota membawakan tema "Potensi dan Prospek Kota Bitung Sebagai Kota Bahari Indonesia" dalam diskusi Leader's Lecture Series On Humanities (LeLesh). Dengan penuh semangat Wali Kota memaparkan bagaimana potensi bisnis pengolahan ikan tangkapan laut menjadi industri terbesar perikanan di Indonesia.

"Dari 14 pabrik pengolahan ikan kaleng di Indonesia, 7 pabrik berada di Kota Bitung, dengan kapasitas produksi mencapai 1.400 ton per hari," kata Wali kota di hadapan ratusan mahasiswa, civitas akademika, dan praktisi perikanan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Kampus UI.

Dengan jumlah tersebut, Maurits menyebut, jika pasar ikan kaleng di Indonesia dibina dengan baik, maka Kota Bitung akan menjadi suplier paling besar. "Kalau orang bilang, Bitung adalah kota cakalang."

Hebatnya lagi, pabrik ikan kaleng tuna cakalang produksi Kota Bitung sudah dikenal hingga manca negara. Di negara Jepang, Vietnam. "Produksi pabrik pengolahan ikan kaleng di Kota Bitung hampir semuanya berorientasi ekspor ke luar negeri," katanya.

Kota Bitung sudah disebut sebagai kota penghasil produk olahan ikan cakalang terbesar di Indonesia. Hal tersebut diketahui sebab, Kota Bitung setiap tahunnya menghasilkan ikan cakalang sebanyak ribuan hingga ratusan ton.

Editor/L.I.79

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun