Mas Dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024, Tubagus dan Rohmatul Raih Juara 1 Usai Lewati Seleksi Ketat

Berita Terkini

Pastikan Senpi Dalam Kondisi Prima, Lapas Pasir Pengaraian Lakukan Pembersihan dan Perawatan Rutin

Rokan Hulu -BUSER POLKRIM- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pengaraian melakukan Pemeliharaan dan Perawatan berka...

Postingan Populer

Rabu, 18 September 2024

Mas Dan Mbak Duta Wisata Pemalang 2024, Tubagus dan Rohmatul Raih Juara 1 Usai Lewati Seleksi Ketat


Pemalang,
FD-buserpolkrim.com

Setelah melewati berbagai seleksi dan tahapan yang cukup ketat, Mas Tubagus Mizan dari Umum/Polkesmar Pekalongan dan Mbak Rohmatul Wafa’i dari SMA N 1 Bantarbolang akhirnya berhasil dinobatkan sebagai juara 1 Mas dan Mbak Duta Wisata Pemalang tahun 2024 yang dikemas dalam kegiatan Pemalang Tumandang di depan Pendopo Kabupaten setempat pada Sabtu (14/9/2024).

Berikut daftar finalis pemilihan mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pemalang tahun 2024 yang lolos sebagai juara.

Juara 1
Mas Tubagus Mizan dari Umum/Polkesmar Pekalongan dan Mbak Rohmatul Wafa’i dari SMA N 1 Bantarbolang.

Juara 2
Mas Wildan Panji Maulana dari SMA N 1 Comal dan Mbak Novia Rahmawati dari SMA N 1 Pemalang.

Juara 3
Mas Wahyu Solistyawan dari SMA N 3 Pemalang dan Mbak Regina Humayra Klarisa P. dari SMA N 3 Pemalang.

Juara Harapan 1
Mas Tristan Ruslim dari Umum dan Mbak Nur Syarifah dari SMK N 1 Petarukan.

Juara Harapan 2
Mas Khrisna Agung dari Univ. Muhammadiyah Surakarta dan Mbak Kifaya Azidia Hafizh dari SMA N 1 Bantarbolang.

Juara Harapan 3
Mas Ghufron Mu’ti dari Univ. Negeri Surabaya dan Mbak Sekar Arum Pertiwi dari SMA N 1 Ulujami.

Juara Favorit
Mbak Trisya Auliatus Zahra dari SMK N 1 Randudongkal.

Pengumuman juara disampaikan dalam acara malam grand final pemilihan mas dan mbak duta wisata Pemalang tahun 2024 yang digelar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pemalang di depan Pendopo Kabupaten setempat.

Sebelumnya sebanyak 20 orang finalis pemilihan mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pemalang tahun 2024  sukses menujukan beberapa tampilan menarik hingga memukau penonton yang menyaksikannya di seputar lingkungan Pendopo Kabupaten termasuk Bupati Pemalang Mansur Hidayat dan Ketua TP. PKK Shanti Rosalia yang turut hadir di acara tersebut.

Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten Pemalang Tahun 2024 yang dibuka oleh Bupati Pemalang Mansur Hidayat dihadiri Forkopimda dan Sekda Heriyanto serta Ketua TP. PKK Kabupaten Pemalang Shanti Rosalia, acara yang digelar di depan Pendopo Kabupaten Pemalang mendapat sambutan hangat dari masyarakat yang turut menyaksikan secara langsung jalanya event tersebut.

Sebelumnya, dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Bupati Pemalang Mansur Hidayat menyampaikan ucapan selamat kepada para finalis yang telah berhasil lolos di tahap grand final. Menurut Mansur, perjuangan untuk menjadi juara belum selesai, karena masih ada beberapa tahap penilaian yang harus mereka lewati. Terkait itu Bupati memberikan support kepada para finalis.

“Tampilkan dan kerahkan semua kemampuan yang kalian miliki karena ini grand final dimana yang paling unggul nantinya yang akan menjadi yang terbaik”, pesannya kepada para finalis.

Selanjutnya Bupati mengulas beberapa destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pemalang yang layak untuk dikunjungi mulai dari wisata alam, wisata budaya sampai dengan wisata religi.  Keragaman wisata yang ada di Pemalang, kata Bupati tentu harus dikelola dengan baik agar bisa mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Menurut Bupati salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengelola potensi wisata tersebut adalah dengan melalui promosi secara luas dan masif agar potensi wisata yang ada dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

“Disinilah duta wisata memiliki tugas dan berperan penting untuk mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Pemalang secara komprehensif dan masif,” ujarnya.

Bupati menuturkan, sebagai seorang duta wisata, hal penting yang harus  mereka miliki adalah keunggulan khusus yang membuat masyarakat tertarik kepada mereka. Hal itu bisa berasal dari aspek penampilan, perilaku, inteligensia, bakat dan hal-hal positif lainnya. Ia mengungkapkan, terlepas dari siapa yang akan menjadi juara, para finalis pada hakekatnya mereka adalah seorang pemenang. Karenanya jangan berkecil hati tetap semangat untuk terus mengembangkan potensinya.

“Kalah menang dalam sebuah kompetisi adalah hal yang wajar, jadikan kegagalan menjadi sebuah motivasi untuk mencapai kesuksesan,” pesannya.

Kepala Disparpora Kabupaten Pemalang, Dian Ika Siswanti menyampaikan kegiatan tersebut digelar sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia guna mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pemalang.

Dian mengatakan, Mas dan Mbak Kabupaten Pemalang sebagai wadah generasi muda untuk menjadi garda terdepan untuk mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Kabupaten Pemalang yang bersinergi dengan Pemkab Pemalang dan seluruh jajaran masyarakat Pemalang, kemudian menampilkan produk produk unggulan Kabupaten Pemalang,  promosi potensi wisata Kabupaten Pemalang 17 sub sektor ekraf.

Target pendaftar  pemilihan mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pemalang 2024 seperti diungkapkan Ika sebanyak 100 orang peserta. Namun realisasinya mencapai 248 orang peserta. Kemudian lolos seleksi 106 peserta dan merucut menjadi 20 orang finalis yang masuk dalam seleksi malam grand final mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pemalang tahun 2024.

Adapun juri dalam malam grand final pemilihan mas dan mbak duta wisata Kabupaten Pemalang tahun ini terdiri dari juri Kepariwisataan, Setya Teguh Yuwana ( Ketua forum klaster pariwisata provinsi wilayah 2 atau DPP-2 Jawa Tengah)  kemudian Juri Psikologi, Palupi Medisiwanti (Pengurus HIMPSI  Eks Karesidenan Pekalongan) Juri Kepribadian,  Ngadisaliro dan Ngadibusana, Ratna Hidayati (Ketua HARPI) Kabupaten Pemalang.  Juri Pengetahuan Umum, Rini Hanjarwati (Anggota Pengurus TP. PKK Kabupaten Pemalang) Juri  Bahasa Inggris, M. Adib Hadafi (Mas duta wisata Kabupaten Pemalang 2019) dan 1 orang Juri kehormatan dari Dinas Kemudaaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Diakhir acara Bupati menyerahkan penghargaan kepada para juara Mas dan Mbak Duta Wisata Kabupaten PemalangTtahun 2024 dan sesi foto bersama. (Kom/Syamsuri)

Editor: Adi Mukti

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun