Pj. Bupati Iip Hidajat Hadiri Panen Perdana, Melon Premium di Al-Multazam Farm Smart Kuningan

Berita Terkini

Kodim 0707/Wonosobo Terima Kunjungan Tim Wasev Kodam IV/Diponegoro untuk Tinjau Program PAT dan Pompanisasi

Wonosobo - Kodim 0707/Wonosobo menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Kodam IV/Diponegoro dalam rangka pengecekan program Pe...

Postingan Populer

Jumat, 18 Oktober 2024

Pj. Bupati Iip Hidajat Hadiri Panen Perdana, Melon Premium di Al-Multazam Farm Smart Kuningan


Kuningan,
FD-buserpolkrim.com

Penjabat Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd., menghadiri Panen Perdana Budidaya Melon Premium Al Multazam Smart  Farm, bertempat di Ponpes Terpadu Al-Multazam. Dengan mengusung tema  “Dari AMSF Untuk Kemandirian Pesantren”, pada Rabu (16/10/2024).

Pj Bupati dalam kesempatan tersebut, menyampaikan selamat kepada Al Multazam yang sudah melaksanakan panen perdananya, selain itu juga disampaikan bahwa sampai dengan bulan agustus 2024 wisatawan yang datang ke Kabupaten Kuningan sudah mencapai 4 Juta, sehingga diharapkan para wisatawan tidak hanya mencari peyeum namun bisa mencari melon premium ini.

Lebih lanjut, Pj Bupati menceritakan bahwa ketika awal menjadi Pj Bupati Kuningan yang pertama dilihat itu adalah potensi kuningan, saya melihat di Kuningan itu untuk potensi lahan sawah saja ada sekitar 27 ribu hektar, kemudian potensi lahan pekarangan ada sekitar 10 ribu hektar, yang artinya potensi ini memungkinkan untuk dimaksimalkan. “Ketika saya tahu ada petani milenial yang berhasil dalam melon ini, saya memcoba mencari tahu, karena ini salah satu potensi yang akan kitra garap bersama dan ada kemanfaatannya,” ungkapnya.

Pj Bupati menambahkan, bahwa permintaan melon premium ini 3 ton per minggu. Dan ini, belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan akan melon premium yang ada di Kuningan.

“Kita berharap Kuningan kedepan, dapat menjadi penghasil melon premium,” harap Pj Bupati Kuningan Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd.

Sementara itu Ketua Tim Hukum Ditjen Hortikultura, Taufik Irawan, SH., MH., menyampaikan kalau kita berbicara hortikultura Kabupaten Kuningan ini potensinya luar biasa, yang harus kita kolaborasikan bersama-sama antara daerah dengan pusat.

“Kebijakan Dirjen Hortikultura adalah bagaimana membina kawasan hortikultura dengan memberikan bantuan benih, bibit unggul, dan memberikan pendampingan, advokasi kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani,” jelasnya.

Taufik Irawan juga menyampaikan, “Mari kita bangun melon premium ini, sebagai bentuk percontohan bagi daerah Kuningan yang lainnya,” ajaknya.


Pada kesempatan yang sama Ketua YPI Al Multazam H. Uud Pandu Suandhana, S.Si., M.Pd., menyampaikan bahwa penen raya ini merupakan momentum yang bersejarah bagi Pondok Pesantren Terpadu Al Multazam yang mana keterpaduan kita yang dahulu hanya berkutat dalam pendidikan dan kita sekarang sudah masuk kedalam pengembangan pertanian modern.

“Mimpi besar kita bagai mana menciptakan Al Mutazam mandiri, oleh karena itu kita memilih melon premium ini karena nilai ekonomisnya tinggi,” ungkapnya.

H. Uud Pandu Suandhana menambahkan, budidaya Melon Premium Al- Multazam Smart Farm ini bisa berjalan berkat dukungan dari rekan-rekan petani modern. (Asep S/Angga P) 

Editor: Adi Mukti

0 comments:

Posting Komentar

Hanya pesan membangun